LPPM

LPPM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

STIE BII Bekasi

LPPM STIE BII Bekasi merupakan suatu unit kerja di tingkat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bisnis Internasional Indonesia (BII). Sesuai dengan nama yang disematkan, unit kerja ini menangani dan mengkoordinasikan segala macam penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari seluruh civitas akademika STIE BII Bekasi.

Sesuai dengan jenis tugas, peran, fungsi dan pekerjaannya, maka struktur pembagian tugas, unit kerja LPPM dibagi menjadi dua bidang, yaitu : bidang penelitian dan bidang pengabdian pada masyarakat.

Visi, Misi dan Tujuan

A.  Visi

Terwujudnya LPPM STIE Bisnis Internasional Indonesia (BII) yang mandiri dan mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi (PT) lainnya di Jawa Barat, dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEK dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendukung mendukung STIE BII Bekasi menjadi Perguruan Tinggi rujukan Dunia Industri.

B.  Misi

  1. Melakukan penelitian ilmiah dengan orientasi keilmuan Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan, menuju kemandirian Perguruan Tinggi yang menjadi rujukan Dunia Industri;
  2. Melakukan penjaminan mutu dan perlindungan HaKI dalam bidang penelitian di lingkungan STIE BII Bekasi;
  3. Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk publikasi, produk atau program yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Bekasi dan Jawa Barat;
  4. Mengkoordinasikan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di Bekasi dan Jawa Barat, khususnya bidang Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan;
  5. Menyelenggarakan tata kelola bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang handal dan terpercaya.

C. Tujuan

  1. Terciptanya penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan khususnya Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan, yang mendukung pembangunan daerah dan nasional, serta berkontribusi pada pemecahan masalah dunia usaha/industri;
  2. Terwujudnya penjaminan mutu dan perlindungan HaKI dalam penelitian dan karya dalam bidang ilmu  Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan;
  3. Terwujudnya penelitian dan pengembangan masyarakat yang mempunyai keunggulan berbasis kunggula di masyarakat Bekasi;
  4. Terwujudnya diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk penerbitan, publikasi, produk atau program yang bermanfaat bagi kehidupan lokal, nasional, internasional, dan kemanusiaan
  5. Terselenggaranya kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi manusia, masyarakat, dan alam untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pada bidang Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan;
  6. Terwujudnya tata kelola bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang handal dan terpercaya.

D.  Peran dan Fungsi LPPM STIE BII

1.   Bidang Penelitian

  • Berperan dan berfungsi membudayakan penelitian kepada seluruh Civitas Akademika STIE BII Bekasi, sebagai dasar pelaksanaan pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan ilmu, teknologi, pengayaan budaya bangsa.
  • Mengembangkan penelitian yang bersifat interdisipliner-kolaboratif, khususnya dalam lingkup Ekonomi (Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan).
  • Mengembangkan Lembaga Penelitian STIE-BII Bekasi menuju pada lembaga penelitian yang mandiri.

2.   Bidang Pengabdian pada Masyarakat

  • Berperan dan berfungsi membudayakan pengabdian masyarakat sebagai dasar pelaksanaan pengembangan pendidikan dan penelitian masyarakat untuk kemajuan ilmu, teknologi, pengayaan budaya Bekasi khususnya, dan Jawa Barat pada umumnya.
  • Mengembangkan pengabdian yang bersifat interdisipliner-kolaboratif, khususnya dalam lingkup Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan.
  • Mengembangkan Lembaga Pengabdian Masyarakat menuju pada lembaga yang mandiri.

E.  Program Kerja

Secara umum program kerja LPPM STIE BII Bekasi, antara lain sebagai berikut :

  1. Melatih, Mendidik dan mengembangkan para Dosen dan Mahasiswa STIE BII Bekasi untuk mampu membudayakan penelitian dan jiwa pengabdian di masyarakat, serta dapat terpublikasikan pada Jurnal Internal STIE BII Bekasi, nasional maupun internasional.
  2. Memberikan dukungan dan arahan kepada mahasiswa dalam mempersiapkan, menjalani dan menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL). 
  3. Merencanakan  dan  menyusun agenda  penelitian dan pengabdian  pada  masyarakat  dalam jangka pendek dan jangka panjang, yang berwawasan kedaerahan dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat di Bekasi dan Jawa Barat.
  4. Mengakses peluang kerjasama kegiatan penelitian dan pengabdian  pada masyarakat kepada dunia usaha dan pemerintah daerah, agar  terjalin kerjasama  dan  bersinergi dengan dunia usaha, institusi penelitian, serta pemerintah daerah.
  5. Bekerjasama dengan Bidang-bidang lainnya di STIE BII Bekasi untuk pengembangan sarana penelitian dan pengabdian  pada masyarakat, yang pemanfaatannya mudah diakses oleh segenap sivitas akademika dan masyarakat pengguna.
  6. Mengembangkan  sistem  penghargaan (rewards) internal  yang  memadai  untuk  mendorong  terciptanya  budaya  penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang kondusif.
  7. Meningkatkan  keterlibatan  mahasiswa  D3 dan  S1 (Manajemen dan Akuntansi) dalam  semua  kegiatan  penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai pemenuhan  persyaratan  akademik,  dan  juga  sebagai  arena  pembelajaran, aktualisasi kompetensi bidang keilmuan, dan pengembangan pribadi.
  8. Penelitian dan pengabdian pada masyarakat diarahkan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perolehan hak patent, pengembangan dunia usaha, penyelesaian masalah-masalah publik dan pengembangan  budayadaerah, pengembangan hasil  karya yang  dapat  dimanfaatkan  oleh masyarakat  secara arif dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan di Bekasi.
  9. Mendorong, memberdayakan, dan memfasilitasi peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat, baik dalam jurnal internal, jurnal nasional dan internasional yang terakreditasi.
  10. Merumuskan Rencana Induk Penelitian dan Pengembangan STIE BII Bekasi setiap 5 (lima), yang merujuk kepada kemampuan SDM dan sumber daya lainnya di STIE BII Bekasi.